Penyebab dan Solusi Smartphone Android Restart Sendiri

Smartphone Android memang punya banyak sekali kelebihan. Salah satu kelebihannya adalah ada banyak sekali brand yang mengeluarkan smartphone dengan sistem Android. Tak hanya itu saja, aplikasi yang bisa anda gunakan juga ada banyak sekali, dan mayoritas adalah aplikasi yang bisa digunakan secara gratis.

Android restart sendiri
Android restart sendiri

Namun berbicara mengenai smartphone Android, ada banyak juga masalah yang bisa anda alami ketika menjadi penggunanya. Salah satu masalah yang cukup sering dialami adalah seperti smartphone Android restart sendiri.

Meskipun masalah smartphone Android restart sendiri tampak sangat biasa terjadi, ternyata masalah tersebut bisa menyebabkan smartphone anda rusak total dan tidak bisa digunakan lagi.

Sebenarnya apa yang menjadi penyebab masalah smartphone Android restart sendiri tersebut? Bagaimana caranya mengatasi atau minimal mengurangi agar masalah tersebut jangan sampai terlalu sering anda alami?

Bagi anda yang mau tau jawabannya, anda bisa baca penjelasan lebih lengkap mengenai penyebab dan juga solusi dari masalah smartphone Android restart sendiri di dalam artikel ini.

3 Hal yang Paling Sering Jadi Penyebab Masalah Smartphone Android Restart Sendiri

Smartphone Android restart sendiri memang cukup sering dikeluhkan oleh banyak pengguna. Namun sayangnya, banyak orang yang belum tau apa saja yang sebenarnya bisa menjadi penyebab masalah tersebut.

Perlu anda ketahui, smartphone Android restart sendiri yang terjadi secara terus menerus atau cukup sering itu bisa disebabkan karena ada kerusakan pada sistem ataupun hardwarenya.

Namun demikian, memang awalnya masalah tersebut paling sering terjadi karena alasan adanya masalah pada sistem. Namun jika dibiarkan, lama kelamaan masalah smartphone Android restart sendiri tersebut bisa merusak hardware.

Lalu apa saja penyebab spesifik dari masalah smartphone Android restart sendiri tersebut? Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

  • Crash pada sistem UI smartphone

Smartphone Android yang tiba-tiba mengalami restart ketika sedang digunakan itu bisa disebabkan pertama kali karena adanya crash pada sistem UI.

Ketika sistem UI atau user interface di smartphone Android anda mengalami crash, maka secara otomatis sistem Android tidak bisa berjalan dengan maksimal. Ketika sistem tersendat, maka smartphone akan mengatasinya secara otomatis dengan mencoba melakukan restart.

Setelah smartphone melakukan restart secara otomatis, kemungkinan masalah tersebut bisa teratasi secara otomatis ataupun tidak. Jika masalah tidak teratasi, pada umumnya smartphone akan melakukan restart secara berulang-ulang.

  • Crash antara aplikasi dengan sistem operasi Android

Masalah smartphone Android restart sendiri itu tidak selalu terjadi karena adanya crash antara sistem Android dengan sistem UI.

Smartphone Android yang mengalami restart sendiri tersebut juga bisa terjadi karena adanya masalah crash pada aplikasi yang terpasang dengan sistem Android.

Tidak semua aplikasi bisa menyebabkan crash pada sistem Android. Aplikasi yang bisa menyebabkan crash adalah aplikasi yang kebanyakan berjalan di belakang layar.

  • RAM dan CPU smartphone Android mengalami overload

Hal terakhir yang juga bisa menjadi penyebab masalah smartphone Android restart sendiri adalah karena RAM dan CPU smartphon Android mengalami overload.

Apa yang bisa menjadi penyebab overload pada komponen RAM dan CPU smartphone Android? Overload bisa terjadi pada smartphone Android disebabkan karena anda menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Selain itu, smartphone Android juga bisa mengalami overload disebabkan karena spesifikasinya memang sudah terlalu tua untuk digunakan di jaman sekarang.

Solusi Untuk Mengatasi Smartphone Android Restart Sendiri yang Bisa Anda Lakukan Sekarang Juga

Meskipun tampaknya seperti masalah yang cukup berat, ternyata smartphone Android restart sendiri itu masih bisa anda atasi dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dijadikan solusi untuk mengatasi smartphone Android yang sering restart secara tiba-tiba ketika anda gunakan:

  1. Gunakan aplikasi yang ringan

Oleh karena smartphone Android yang restart secara tiba-tiba itu bisa disebabkan karena aplikasi yang anda gunakan sangat berat hingga membebani RAM dan CPU, maka solusi agar anda tidak sampai mengalami masalah smartphone Android restart sendiri adalah dengan menggunakan aplikasi yang ringan.

Hampir semua jenis aplikasi untuk sistem operasi Android sekarang sudah ada versi ringannya. Jadi anda bisa dengan mudah mengurangi risiko smartphone Android anda mengalami restart sendiri akibat RAM dan CPU terlalu overload.

  1. Kurangi jumlah aplikasi yang dipasang di dalam smartphone

Selain lebih memilih menggunakan aplikasi versi ringan, anda juga bisa mengatasi dan mencegah masalah smartphone Android yang tiba-tiba restart sendiri dengan mengurangi jumlah aplikasi yang anda pasang di dalam smartphone.

Kenapa? Karena dengan semakin sedikit aplikasi yang terpasang di dalam smartphone, maka memori internal smartphone andapun akan semakin banyak yang tersisa.

Ketika memori internal smartphone Android anda banyak yang kosong, tentunya RAM dan CPU tidak akan terbebani. Pasalnya, RAM dan CPU tetap membutuhkan free space untuk bisa berfungsi secara maksimal.

  1. Gunakan custom ROM

Selain mengurangi jumlah aplikasi yang terpasang di dalam smartphone dan juga memilih menggunakan aplikasi yang ringan, anda juga bisa mengurangi dan mengatasi masalah smartphone Android restart sendiri dengan menggunakan custom ROM.

Apa itu custom ROM? Custom ROM adalah sistem Android yang sudah dimodifikasi sehingga jauh lebih ringan dan bebas dari boatware atau aplikasi bawaan.

Dengan menggunakan custom ROM, smartphone Android anda yang spesifikasinya sangat terbatas tetap bisa digunakan secara lancar dan tentunya tidak akan sampai mengalami masalah restart sendiri.

Namun demikian, custom ROM ini juga harus dipasang dengan benar. Pasalnya jika dipasang secara asal-asalan, custom ROM ini juga bisa menyebabkan masalah bootloop pada smartphone Android anda.

Pastikan custom ROM yang mau anda gunakan memang sudah pernah dicoba dipasang di smartphone Android yang anda miliki.

  1. Lakukan hard reset pada smartphone anda

Solusi terakhir yang juga cukup mudah untuk mengatasi masalah smartphone Android restart sendiri adalah dengan melakukan hard reset.

Apa yang dimaksud dengan hard reset? Hard reset adalah proses mengembalikan pengaturan pada smartphone anda seperti awal lagi. Hard reset ini juga lebih dikenal dengan sebutan factory reset.

Salah satu keunggulan dalam melakukan hard reset pada smartphone Android adalah smartphone Android anda akan terasa sangat cepat seperti baru pertama kali anda gunakan.

Selain itu, masalah smartphone Android restart sendiri juga biasanya langsung hilang setelah anda melakukan hard reset. Kenapa? Karena selain sistem Android dikembalikan seperti semula, semua aplikasi yang sudah terpasang dan kemungkinan crash juga sudah lenyap dari memori internal smartphone anda.

Jadi bagaimana? Sekarang anda sudah paham bukan mengenai apa saja penyebab dan bagaimana caranya memperbaiki smartphone Android restart sendiri itu?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *